Kamis, 29 Mei 2014

Makalah Peradaban Romawi

MAKALAH : SEJARAH

PERADABAN ROMAWI

Harto Kambaton, S.Pd.

SMA NEGERI 1 BAHODOPI
KECAMATAN BAHODOPI
KABUPATEN MOROWALI
2014


KATA PENGANTAR
            Puji syukur senantiasa kami ucapkan kehadirat tuhan yang maha kuasa karena atas rahmat, petunjuk, dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas sejarah tentang Peradaban Romawi. Makalah ini dapat digunakan sebagai bahan untuk menambah pengetahuan, sebagai teman belajar, dan sebagai referensi tambahan dalam belajar sejarah  khususnya tentang Peradaban Romawi. Makalah ini di buat sedemikian rupa agar pembaca dapat dengan mudah mempelajari dan memahami  tentang peradaban  romawi secara lebih lanjut.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang Peradaban Romawi. Jangan segan bertanya jika pembaca menemui kesulitan. Semoga keberhasilan  selalu berpihak pada kita semua.
Bahodopi,       Mei 2014


Penulis






DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN SAMPUL...........................................................           i
KATA PENGANTAR............................................................           ii
DAFTAR ISI .........................................................................      iii
BAB I PENDAHULUAN
A.   LatarBelakang .............................................................       1
B.   RumusanMasalah.........................................................       2
C.   TujuandanManfaat.......................................................       2
BAB II PEMBAHASAN
A.   LetakGeografisRomawi................................................       3
B.   SistemPemerintahRomawi............................................       4
C.   AsalUsulBangsaRomawi..............................................       6
BAB III PENUTUP
A.   Kesimpulan                                                                             7
B.   Saran ............................................................................       7
DAFTAR PUSTAKA  



 BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Romawi adalah sebuah kota yang selalu disandingkan dengan Yunani, yang mempunyai hubungan erat antara kedua kota ini. Romawi ialah peradaban dunia yang letaknya terpusat dikota Roma masa kini. Peradaban Romawi dikembangkan suku Latia yang menetap di lembah sungai Tiber. Suku Latia menamakan tempat  tinggal mereka ‘Latium’. Latium merupakan kawasan lembah pegunungan yang tanahnya baik untuk pertranian. Penduduk latium kemudian disebut bangsa Latin. Pada mulanya, didaerah Latium inilah bangsa latin hidup dan berkembang serta menghasilkan peradaban yang tinggi  nilainya.
Kota Roma yang menjadi pusat kebudayaan mereka terletak dimuara sungai Tiber. Waktu berdirinya kota Roma yang terletak dilembah sungai Tiber tidak diketahui secara pasti. Legenda menyebut bahwa Roma didirika oleh dua bersaudara keturunan Aenas dari Yunani, Remus dan Romulus pada tahun 750 SM. Romus dan Romulus ini anak Rhea Silva,turunan Aenas-seorang pahlawan Troya juga dapat melarikan diri waktu Troya dikalahkan dan dibakar oleh bangsa Yunani. Orang-orang Romawi memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewa di Romawi berbeda dengan di Yunani.
Sebelum itu, sekitar tahun 492 SM, daerah Latium sebagai tempat berdirinya kota Roma dikuasai oleh kerajaan Etruskia, yang terletak                 disebelah utara sampai pada tahun 500 SM. Pada tahun 500 SM, bangsa Latium memberontak  terhadap  kerajaan  Etruskia  dan  berhasil memerdekakan diri



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Letak Geografis Romawi
            Di daerah Romawi, yaitu didaerah semenanjung Apenina (Italia). Daerah Italia terdiri atas daerah pegunungan dan daratan rendah. Masyarakat yang hidup didaerah pegunungan dan daratan rendan mempunyai mata pencaharian bidang pertanian,hasil bumi bangsa Romawi terdiri atas gandum, jagung, padi, sayur-sayuran, dan anggur. Untuk daerah padang rumput digunakan untuk peternakan. Pegunungan Apenina menghasilkan bahan mineral yaitu, Biji besi,tembaga,emas,dan batu pualam. Semenanjung Apenina hanya memiliki  lebar 125 Mil dengan garis pantai sepanjang 2000 Mil.
     Romawi terletak di semenanjung Alpenina (sekarang Italia). Batas-batasnya adalah:
·         Di utara adalah pegunungan Alpen,
·         Di timur adalah Laut Adriatik dan Laut Ionia,
·         Di selatan adalah laut sicilia,
·         Dan di barat adalah Laut Tirenia serta laut Liguri.
                    Dari segi geografis, Romawi merupakan daerah yang strategi dikawasan laut tengah, yang memungkinkan lahirnya perdagangan didaerah ini, saat akan berdagang  mereka menggunakan peta yang digambar digulungan kertas.Lembah pegunungan Apenina merupakan lahan subur dan cocok dijadikan sebagai lahan pertanian. Oleh karena itu,bangsa Romawi hidup dari bercocok tanam  yang menghasilkan jagung,gandum,sayur-sayuran,padi,anggur dan lain-lain. Di pegunungan Alpenina juga di temukan berbagai tambang mineral. Karena letak Romawi yang dikelilingi Lautan dan gunung juga menghindari serbuan dari bangsa lain. Menurut mitos, romawi kuno didirikan oleh dua saudara keturunan Aenas dari Yunani yaitu, Remus dan Romulus pada abad 8 SM ditepi sungai Tiber. Prbedaan romawi kuno banyak mendapat pengaruh dari Yunani kuno baik dalam bidang seni, sastra, filsafat, maupun budaya. Seperti tradisi Etruscan yang seperti alfabet yang dipelajari dari peradaban Yunani, kemudian bangsa Roma mengembangkannya menjadi alfabet yang dikenal sekarang.
B.     Sistem Pemerintahan Romawi
            Secara garis besar sejarah Romawi kuno dibagi menjadi tiga, yaitu:
1.      Zaman kerajaan (750-510 SM) yaitu zaman ketika seorang raja didampingi oleh senate (wakil dari para suku  disekitar Roma)
2.      Zaman Repoblik  (510-31 SM) yaitu zaman ketika Roma tumbuh dari Negara kota kecil menjadi Repoblik yang luas.
Sistim pemerintahannya yaitu:
·         Kepala pemerintahan dipegang dua orang konsul dan didampingi senat.
·         Senat berkedudukan sebagai badan penasehat.
·         Dewan rakyat atau Comite Curiata
·         Pontifex Maximus, yaitu kepala agama
·         Tribuni Plebis, yaitu dewan daerah.
            Zaman kekaisaran (31 SM-476 M) yaitu zaman berkuasanya Monarik pada awalnya, Romawi dipimpin oleh raja yang dibantu oleh senat. Ketika Repoblik Romawi pertama kali didirikan yang terdiri pada 500 SM, raja diganti oleh dua orang yang disebut konsul, sedangkan senat tetap ada. Perempuan tidak diperbolehkan menjadi konsul. Kedua konsul memegang kendali atas pasukan, berhak menyatakan perang , menetukan jumlah pajak dan membuat hukum. Suatu keputusan harus disetujui oleh kedua konsul, jika salah seorang mengatakan “veto” (aku toalak), maka keputusan tidak jadi dilaksanakan. Konsul dibantu oleh senat dengan dewan penasehat. Senat terdiri dari keluarga-keluarga kaya di Romawi. Perempuan tidak diperbolehkan menjadi anggota senat. Jabatan senator  (anggota senat) merupakan jabatan seumur hidup. Kebanyakan konsul pada akhirnya bergabung dengan senat, dan kebanyakan senator memiliki ayah atau kakek yang dulunya juga menjabat di senat. Para konsul sering melaksanakan apa yang diusulkan oleh senat. Ada juga prefek di Romawi, mereka bertugas mengurus kota, beberapa mengadili kasus, beberapa yang lainnya mengatur pasar atau pelabuhan. Selain itu, ada Tribunus yaitu orang-orang disenat yang mewakili rakyat miskin. Tribunus dipilih oleh Majelis. Tribunus berthak memveto keputusan senat yang berkenaan dengan rakyat miskin. Sementara Majelis adalah kumpulan dari para pria dewasa dan merdeka di Romawi. Mereka berhak memberikan suara jika dimintai oleh konsul, misalnya harus pergi berperang atau tidak. Majelis juga memilih konsul, prefek, dan senator. Namun Majelis sudah diatur sedemikian rupa sehingga orang kaya bisa lebih banyak memilih dari pada orang miskin. Baik prefek, Tribunus, atau Majelis hanya boleh diisi oleh laki-laki.
            Setelah romawi menaklukkan sebagai daerah yang jauh dari kota Roma, mereka pun menerapkan sistem provinsi. Gubernur biasanya berasal dari kalangan  jendral. Menjelang tahun 50 SM, yakni masanya Julius Caesar (Memimpin di tahun 49 SM dan mati ditikam lima tahun kemudian), jendral-jendral ini mulai mengambil ahlih pemerintahan dan mengabaikan senat serta konsul. Mereka bisa melakukannya karena memilih pasukan. Augustus, pada 31 SM, adalah salah satu jenderal ini. Dia berhasil mendirikan suatu sistem baru. Lembaga senat dan jabatan konsul tetap diteruskan namun Augustus menjadikan dirinya memiliki kekuasaan tertinggi sehingga Augustus bisa memveto keputusan senat yang tidak disukai. Augustus juga memegang kendali atas pasukan sehingga dia bisa menyingkirkan orang yang menghalangi jalannya. Sistem ini, yaitu Romawi dipimpin oleh kaisar namun senat dan konsul tetap ada,terus berjalan selama 1500 tahun sampai akhirnya Romawi runtuh yang diakibatkan oleh korup, lemah dan serangan dari perbatasan terutama Inggris utara, jerman utara, dan daerah yang dekat laut hitam.
C.     Asal Usul Bangsa Romawi
            Bangsa romawi adalah campuran darah antara penduduk asli dengan suku kelana. Suku kelana mempunyai kelebihan dalam bidang militer, yaitu suku Etruska dan suku Campania yang berhasil menguasai Latium, Toskana, dan Etruraria. Suku Campania berada disebelah selatn Latium. Suku-suku bangsa mendirikan Negara-negara kota seprti Yunani dan Negara-negara kota itu merupakan suatu perserikatan pertahanan termasuk Roma.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Romawi kuno adalah peradaban yang tumbuh dari Negara-kota Roma yang didirikan disemenanjung Italia disekitar abad ke-8 SM. Romawi terletak disemenanjung Alpenina (sekarang Italia). Lembah pegunungan Alpenina merupakan lahan subur dan cocok dijadikan sebagai lahan pertanian.
Peradaban Romawi terletak di Negara Italia yang beribukata di Roma. Menurut kepercayaan, kata Romawi berasal dari nama Nenek Moyang bangsa Romawi, yaitu Remus dan Romulus yang merupakan anak dari Rhea Silva,salahsatu keturunan Aeneas (pahlawan peranag Troya). Kepercayaan masyarakat masih bersifat animisim,kemudian berkembang menjadi kepercayaan politheisme dan menjadi agama Kristen.
B.     Saran
            Setelah mempelajari makalah ini,di harapkakan siswa dan siswi dapat mengambil hikmah dari peradaban kuno Romawi dan kemajuan yang dicapai dulu harus dicapai hari ini dengan yang lebih baik. Siswa dan sisiwi juga bisa menceritakan peradaban kuno Romawi ini tanpa teks book dengan menarik sehingga orang lain tertrik untuk belajar Sejarah.

DAFTAR PUSTAKA
http:// www Zijjue Elsyifa,makalah Peradaban Romawi blog spot com.

http://www Rangkuman peradaban Romawi blog spot com.

I Wayan Badriika, 2006, sejarah untuk kelas x. Jakarta; CV. Hayati Tumbuh Subur.

Clarke penny, 2008, dunia sejarah singkat. Yogyakarta; Golden books












Tidak ada komentar:

Posting Komentar